Pengertian Promosi, Jenis, Tujuan dan Contohnya (Lengkap) – Istilah promosi sudah tidak asing lagi kita dengar, hal tersebut sudah sangat familiar, apalagi dalam suatu pemasaran. Pada kesempatan kali ini Pendidik akan membahas mengenai promosi yang mencakup pengertian, jenis, tujuan dan juga contohnya. Untuk mengetahui lebih jelas langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:
Contents
Pengertian Promosi, Jenis, Tujuan dan Contohnya (Lengkap)
Pengertian Promosi
Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang umumnya dilakukan tenaga pasar untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut. Media promosi selalu memiliki perkembangan setiap waktunya.
Promosi secara umum merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas dengan tujuan memperkenalkan suatu barang, jasa, merek, perusahaan, kepada masyarakat sekaligus mempengaruhi masyarakat agar memilih produk tersebut.
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
1. Boone & Kurtz
Promosi adalah suatu proses menginformasikan, membujuk dan mempengaruhi keputusan suatu pembelian.
2. Swastha
Promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain yang tujuannya pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam suatu pemasaran.
3. Harper Boyd
Promosi adalah suatu upaya untuk membujuk orang agar menerima produk, konsep dan juga gagasan.
4. Kotler
Promosi adalah suatu bagian dan proses strategi pemasaran sebagai suatu cara untuk berkomunikasi dengan pasar yang menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.
5. Gitosudarmo
Promosi adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Jenis-Jenis Promosi
Adapun jenis-jenis promosi sangat beragam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Promosi Melalui Media Tradisional
Promosi jenis ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Diantaranya adalah melalui media cetak (majalah, koran, tabloid, dan lainnya) radio, televisi, iklan, banner, billboard dan lain sebagainya. Keuntungan pada promosi ini adalah dapat menjangkau banyak calon konsumen dalam waktu yang lama. Kekurangannya biaya promosi yang mahal, baik dari sisi media maupun promosinya.
2. Promosi Melalui Media Digital
Promosi melalui media digital ini banyak dilakukan dengan media sosial, jaringan website, mesin pencari dan lain sebagainya. Para pengusaha biasanya lebih memilih teknologi untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet. Selain lebih murah, juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan lebih mudah serta cepat.
Kelebihan promosi ini adalah biaya cenderung lebih murah, pelaksanaannya lebih mudah dan juga cepat dan dapat menjangkau pengguna internet seluruh dunia.
3. Promosi Secara Fisik
Pada jenis promosi yang satu ini biasanya banyak ditemukan pada event atau kegiatan tertentu seperti bazar, konser, pameran dan lain sebagainya. Biasanya promosi ini dilakukan penjual dengan membuka booth untuk menawarkan produknya baik barang maupun jasa.
Kelebihan jenis promosi ini adalah memungkinkan pengusaha untuk menjangkau langsung serta berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Sedangkan kekurangan promosi jenis ini adalah calon konsumen yang terbatas jangkauannya.
Tujuan Promosi
Adapun beberapa tujuan dari promosi yakni
1. Untuk menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk barang atau jasa kepada masyarakat ataupun calon konsumen potensial.
2. Untuk menjangkau dan memperoleh konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
3. Meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan suatu keuntungan.
4. Untuk menciptakan citra produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
5. Membantu mengunggulkan suatu produk dengan produk pesaing.
6. Untuk mempengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.
Contoh Promosi
Adapun beberapa contoh promosi yang pernah dilaksanakan diantaranya adalah
1. Promosi telekomunikasi, nelpon selama 10 menit mendapatkan gratis nelpon 30 menit, ke provider yang sama.
2. Promosi restaurant, gratis makan pada hari jum’at, atau membeli makan A mendapatkan gratis minum B.
3. Promosi property, membeli rumah mendapatkan kursi jati gratis.
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Promosi, Jenis, Tujuan dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂