Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Ciri, Kelebihan & Kekurangannya – Dalam bidang perekonomian terdapat beberapa macam jenis pasar salah satu diantaranya adalah oligopoli yang merupakan pasar persaingan tidak sempurna. Jika sebelumnya Pendidik telah menjelaskan mengenai pasar monopoli dan pasar monopsoni maka pada kesempatan kali ini akan memberikan penjelasan mengenai pasar oligopoli yang mencakup pengertian, jenis, ciri, kelebihan serta kekurangannya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:
Contents
Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Kelebihan & Kekurangannya
Berikut ini merupakan pengertian dari pasar oligopoli.
Pengertian Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli merupakan pasar yang di dalamnya terdapat beberapa penjual atau produsen saja yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli. Pasar oligopoli ini merupakan pasar persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual tersebut bersifat sama (homogen) sulit dibedakan meskipun produsen atau si penjualnya ada beberapa yakni dua hingga sepuluh.
Biasanya pada pasar oligopoli ini persaingannya sangat aktif, yakni sering melakukan promosi dan iklan, sebab pada produknya sama dan saling menggantikan. Adapun beberapa contoh dari industri pasar oligopoli diantaranya adalah industri rokok, industri mobil, industri semen, jasa penerbangan, jasa ibadah haji, dan lain sebagainya.
Jenis – Jenis Pasar Oligopoli
Secara umum dan berdasarkan produknya, pasar oligopoli terdiri dari dua jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Pasar Oligopoli Murni (Pure Oligopoli)
Pasar oligopoli murni atau biasa disebut dengan Pure oligopoli merupakan salah satu jenis pasar yang di dalamnya terdapat produsen atau penjual yang memiliki produk yang sangat mirip atau identik sama sehingga sangat sulit untuk dibedakan.
Adapun cara untuk mengenali produknya adalah dengan melihat merk atau brend pada produk tersebut. Contohnya air mineral yang dapat dilihat dari merk atau brend nya, industri semen, dan sebagainya.
2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi (Differentiated Oligopoly)
Pasar oligopoli terdiferensiasi merupakan pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang dijual bersifat homogen. Untuk produk pasar ini memang sulit dibedakan, akan tetapi dapat dilihat dari coraknya. Adapun contohnya adalah industri rokok, sabun, mobil dan lain sebagainya.
Ciri – Ciri Pasar Oligopoli
Ada beberapa ciri yang dapat membedakan pasar oligopoli dengan pasar lainnya, diantaranya adalah
1. Terdapat lebih dari dua produsen atau penjual (biasanya kurang dari 10 produsen) yang menguasai pasar namun memiliki banyak pembeli di pasar.
2. Jenis barang atau produk yang diperjual belikan bersifat homogen dan dapat saling menggantikan atau terdiferensiasi. Contohnya sabun mandi dengan berbagai macam bentuk dan aroma.
3. Kebijakan dari produsen atau penjual utama yang menguasai pasar biasanya akan dapat berpengaruh terhadap kebijakan produsen lainnya.
4. Memiliki harga barang yang cenderung sama atau tidak memiliki perbedaan yang jauh.
5. Produsen atau penjual baru lumayan sulit untuk memasuki pasar dikarenakan biasanya produsen atau penjual lama memiliki strategi dengan harga untuk lebih menarik konsumen.
6. Membutuhkan strategi promosi atau iklan dan adanya inovasi secara terus menerus agar dapat bertahan di pasar.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Oligopoli
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari pasar oligopoli, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
Kelebihan Pasar Oligopoli
Berikut ini merupakan kelebihan dari pasar oligopoli, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Konsumen dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya karena pasar ini menyediakan banyak sekali pilihan.
2. Dengan ketatnya persaingan antar produsen memberikan keuntungan tersendiri bagi konsumen yakni kesadaran produsen atau penjual mengenai pentingnya produk yang berkualitas dengan harga terjangkau.
3. Biasanya produsen atau penjual di pasar oligopoli selalu melakukan inovasi terhadap produk serta pelayanannya sehingga dengan sendirinya produk tersebut akan terus berkembang.
Kekurangan Pasar Oligopoli
Berikut ini merupakan kekurangan dari pasar oligopoli, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Produsen atau penjual baru akan kesulitan untuk masuk ke pasar hal ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat.
2. Pada umumnya akan sering terjadi perang harga antar produsen untuk dapat memikat lebih banyak konsumen.
3. Memerlukan modal yang besar agar dapat melakukan promosi atau iklan secara terus menerus dan kontinue, sehingga akan lebih dikenal atau diingat oleh konsumen atau paling tidak produknya dapat dibedakan dengan produk dari produsen lainnya.
Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Pasar Oligopoli, Jenis, Ciri, Kelebihan & Kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian khususnya mengenai pasar oligopoli. Terimakasih 🙂