√ Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap) – Istilah slogan sudah tidak asing lagi jika kita dengar, sering kita jumpai di tempat-tempat yang umum seperti sekolah, rumah sakit dan lain sebagainya gambar menarik dan kata kata yang menarik, mudah diingat dan juga memiliki makna yang sangat bagus nah itulah yang disebut dengan slogan. Seperti apa sih ciri dari slogan itu, apa saja jenisnya, ciri dan juga tujuannya. Nah pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan penjelasan mengenai slogan. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Contents

Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap)

Adapun penjelasan dari slogan adalah sebagai berikut.

Pengertian Slogan

Secara umum, slogan merupakan suatu kata-kata atau motto atau semboyan yang dibuat dalam rangkaian kata yang relatif singkat dan juga sederhana namun menarik, dimana tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada umum atau khalayak. Arti lain dari slogan adalah suatu rangkaian kata atau kalimat yang relatif pendek, akan tetapi kata tersebut dibuat menarik dan mencolok agar mudah diingat oleh orang yang membaca dan juga mendengarnya, dengan tujuan menyampaikan informasi kepada publik.

Akan tetapi, meskipun kata-kata dalam slogan tersebut dibuat dengan singkat, namun umumnya makna dari slogan tersebut memiliki makna yang luas. Tujuan utama dari slogan itu sendiri adalah mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai dengan isi slogan tersebut.

Adapun pengertian slogan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Haryanto (2006)

Slogan adalah suatu frase atau kalimat pendek yang dapat memudahkan untuk diingat, dipakai dalam memberitahu atau menjelaskan tujuan suatu organisasi, ideologi golongan dan lain sebagainya.

2. Alwi (2003)

Slogan adalah suatu perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, serta mudah diingat untuk menjelaskan suatu tujuan ideologi, organisasi, ataupun partai politik.

3. Sukini (2005)

Slogan adalah kalimat yang singkat yang bersifat persuasi dan susunan dalam kalimatnya tidak seperti biasa.

4. Jusuf Sjarif Badudu

Slogan adalah suatu rangkaian kata ataupun kalimat pendek yang memiliki arti dan bunyi menarik agar mudah diingat.

5. Anton Moedardo Moeliono

Slogan adalah suatu kalimat atau perkataan yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari media.

6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik dan juga mencolok serta mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu atau menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Slogan dan Contohnya

Secara umum slogan dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Slogan Pendidikan

Slogan pendidikan adalah jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan informasi, motivasi, dan juga ajakan dalam dunia pendidikan. Adapun beberapa contoh slogan pendidikan diantaranya adalah

  • Tut Wuri Handayani
  • Buku adalah jendela dunia
  • Tiada hari tanpa prestasi
  • Pendidikan bermutu, bangsa maju
  • Gantunglah cita-citamu setinggi langit.

2. Slogan Kesehatan

Slogan kesehatan merupakan jenis slogan yang bertujuan untuk memberikan informasi, motivasi dan ajakan dalam bidang kesehatan. Beberapa contoh slogan dalam bidang kesehatan:

  • Sehat dimulai dari diri sendiri
  • Hidup sehat hidup nikmat
  • Mencegah lebih baik daripada mengobati
  • Katakan TIDAK pada narkoba
  • Kekayaan terpenting adalah kesehatan.

3. Slogan Lingkungan

Slogan lingkungan merupakan jenis slogan yang tujuannya untuk memberikan suatu informasi, motivasi dan ajakan untuk peduli lingkungan. Adapun contoh dari slogan lingkungan adalah sebagai berikut:

  • Bumiku rumahku
  • Satu orang satu pohon
  • Selamatkan bumi kita dari pemanasan global
  • Buanglah sampah pada tempatnya

4. Slogan Pemasaran

Slogan pemasaran merupakan jenis slogan yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi, motivasi dan ajakan kepada khalayak atau publik agar menggunakan produk atau bisnis. Adapun contoh dari slogan pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Energen, minuma makanan bergizi
  • Lee mineral dari gunung asli kaya ada manis manisnya gitu
  • Garnier garnier lite kompolite melindungi wajah dari paparan sinar matahari
  • Apapun makanannya minumnya teh botol sosro
  • Kitkat, ada break ada Kitkat.

Ciri-Ciri Slogan

Slogan memiliki ciri tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya, adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Slogan dapat berbentuk kalimat, klausa, mottto ataupun frase

2. Biasanya slogan dibuat dengan kata kata yang menarik dan juga mudah diingat.

3. Menyajikan fakta secara jujur, netral, sistematis dan tepat.

4. Suatu karangan ilmiah yang tidak memiliki refrensi atau catatan kaki.

5. Tidak terikat pada ketentuan dan pola pada masyarakat ilmuan.

6. Jangkauan pembacanya khalayak atau masyarakat umum.

7. Slogan bisa berupa semboyan suatu organisasi ataupun kelompok suatu masyarakat.

Tujuan Slogan

Tujuan utama dari slogan adalah untuk mengajak orang lain agar dapat melakukan sesuatu sesuai dengan isi slogan tersebut. Adapun beberapa tujuan lain dari slogan adalah sebagai berikut:

1. Untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum.

2. Untuk memberikan himbauan kepada publik.

3. Untuk memberikan pengertian kepada masyarakat umum sehingga menjadi sadar tentang suatu hal.

4. Untuk memberikan motivasi kepada masyarakat atau khalayak.

5. Untuk mempengaruhi atau mengajak publik agar dapat mengikuti pesan dalam slogan tersebut.

Kriteria Penulisan Slogan

Dalam penulisan slogan ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum menulis, adapun kriterianya menurut laksono (2008) adalah sebagai berikut:

  • Kepadatan dari isi atau singkat (slogan yang hendak ditulis harus singkat, padat dan jelas)
  • Kesesuaian isi slogan dengan tujuan yang hendak ditujukan
  • Keaslian slogan yakni slogan yang dibentuk tidak memalsukan dari slogan yang telah ada.

Cara Menulis Slogan

Slogan adalah suatu media informasi yang isinya memberi himbauan dan mengajak. Hal itu sering ditemukan di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang bertujuan mempengaruhi pembaca agar dapat melakukan suatu tindakan. Menurut Sukini (2005), dalam menyusun slogan ada beberapa hal yang harus diperhatikan langkaah atau cara menyusun slogan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap)
Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap)
  • Menentukan visi dan tujuan.
  • Menggambarkan tujuan dengan kalimat singkat dan gampang diingat masyarakat.
  • Pilihlah kata yang menarik.

Demikianlah penjelasan mengenai  Pengertian Slogan, Jenis, Contoh, Ciri & Tujuannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Terimakasih 🙂